Artikel :

ARTIKEL :

“APAKAH PEMBELAJARAN KOMPUTER PADA ANAK USIA DINI SANGAT DIPERLUKAN SAAT SEKARANG?”

Salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pendidik anak usia dini adalah menyiapkan anak didik agar dapat hidup di masa depan dengan lebih baik. Diperkirakan pada masa depan nanti penggunaan teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita. Untuk itu semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik.Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah bangsa.

Di zaman modern saat ini zaman sudah sangat canggih dengan teknologi-teknologi modern. Salah satunya yaitu computer, sangat banyak pelajaran dan ilmu yang bersumber dari computer apabila kita sebagai guru bisa mempergunakan media tersebut dengan baik. Contoh kecilnya kita bisa memperkenalkan perangkat-perangkat computer terlebih dahulu kepada anak. Dengan demikian anak akan terstimulasi dengan berbagai pertanyaan-pertanyaan seperti, apa kegunaan dari computer? Atau bagaimana cara memeinkan computer?

Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula.

Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja. Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan. Karena sering menggunakan komputer, anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.

 

 

 

 

 

 

Analisis :

Masa anak merupakan periode yang sangat cepat, dimana didalam masa itu akan terjadi perkembangan dan perubahan anak dalam banyak aspek. Komputer merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan adanya tampilan gambar yang bisa berjalan, serta didukung dengan efek suara atau nyanyian yang riang membuat media pembelajaran komputer sangat disukai oleh anak-anak.  Salah satu manfaat dari pendidikan komputer pada anak usia dini, adalah membangkitkan semangat belajar anak dan perkembangan anak menjadi optimal. Dampak negatif yang nyata yang banyak dirasakan oleh pengguna komputer adalah masalah kesehatan. Diantaranya, repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher. Hal tersebut sangat disayangkan dan dikhawatirkan apabila terjadi pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.Untuk mendidik anak dengan media komputer, sebaiknya orang tua atau pendidik membuat beberapa siasat untuk meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan oleh media pembelajaran, yaitu komputer. Media pembelajaran komputer bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi memiliki manfaat, namun di sisi yang lain terdapat dampak negatifnya. Hal ini sangatlah tergantung kepada pemakai komputer atau kepada orang tua maupun pendidik dalam mengarahkan penggunaan komputer.

 Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s