MAKALAH ANTROPOBIOLOGI TENTANG TAHAP-TAHAP KEHAMILAN

UJIAN AKHIR SEMESTER
ANTROPOBIOLOGI

OLEH:
NOVIA BIDURI WULAN
1105778
REGULER MANDIRI 2011

JURUSAN PG PAUD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Taufik dan Hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dalam bentuk maupun isi yang sangat sederhana. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kehidupan sehari-hari.
Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga ke depannya dapat lebih baik.
Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Padang, 11 Mei 2012

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Tujuan
C. Rumusan Masalah
D. Manfaat Penulisan
BAB II ISI
A. Tahap-tahap kehamilan
B. Stimulasi dalam masa kehamilan
BAB III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Setiap wanita pasti melewati masa kehamilan dan melahirkan. Wanita hamil selama lebih kurang 9 bulan. Selama itu pula manusia berada dalam janin seorang ibu. Manusia diciptakan oleh Allah dari sari patih tanah kemudian dijadikan air manidan berybah menjadi segumpal darah seterusnya segumpal daging kemudian terbentuklah tulang belulang dan tulang tersebut kemudian terbungkus oleh daging maka jadilah seorang manusia.
Kehamilan dalam bahasa Biologi artinya adalah sel telur bertemu dengan sel sperma kemudian membentuk zygot kemudian membelah dan menjadi embrio (janin/bayi). Dalam masa kehamilan sudah wanita pasti akan melewati tahap-tahap kehamilan, dari tahap pertama sampai tahap terakhir (tahap kelahiran) hamil biasanya maksimal melewati 38 minggu sebelum menuju masa kelahiran. Dalam melalui tahap-tahap kehamilan tersebut wanita hamil akan mengalami perubahan yang berbeda-beda. Ada yang menjalaninya dengan baik-baik saja atau tanpa adanya perubahan yang signifikan. Namun adakalanya melewati dengan susah payang. Wanita hamil sebaik-baiknya hrus memperhatikan asupan gizi yang masuk dan harus cerdas memilih makana atau minuman demi perkembangan calon bayi didalam janin.
Stimulasi dalam masa kehamilan wajib dilakukan oleh wanita hamil, bukan hanya stimulasi setelah lahir saja. Karena stimulasi dalam masa kehamilan sangat berpengaruh dalam pertumbuhan otak anak. Banyak yang bisa dilkukan oleh wanita hamil dalam melakukan stimulasi seperti, mengajak bayi berbicara, mendengarkan bayi musik klasik, mengelus-elus perut, berdoa dan lainnya. Semakin sering ibu melkukan stimulasi dsaat hamil semakin banyak manfaat bagi bayi disaat lahir.

B. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini bertujuan untuk menungkatkan kehamilan yang sehat untuk para wanita hamil dan bagimana cara-cara melalui terhadap tahap-tahap kehamilan. Selain itu wanita hamil jga tau cara menstimulasi disaat hamil.

C. Rumasan Masalah
1. Apa saja tahap-tahap yang akan dilalui oleh wanita disaat hamil ?
2. Bagaimana cara menstimulasi bayi disaat dalam kandungan ?

D. Manfaat
Makalah ini bermanfaat agar dapat mengungkap fakta wanita hamil dan cra wanita menjaga bayi dalam kandungan.

BAB II
ISI

A. TAHAP-TAHAP KEHAMILAN
Umur janin yang sebenarnya,harus dihitung dari saat fertilisasi atau karena fertilisasi selalu berdekatan dengan ovulasi sekurang-kurangnya dari saat ovulasi.sesuai dengan tingkat pertumbuhannya berbagai nama diberikan pada anak yang dikandung itu.
Dari 0-2 minggu setelah fertilisasi disebut ovum.3-5 minggu disebut embryo(mudigah) pada saat ini belum dapat dibedakan dari mudigah binatang ain.Pembentukan alat-alat badan dalam bentuk dasar sudah terjadi.Lebih dari 5 minggu disebut foetus(janin) yang sudah mempunyai bentuk manusia.Berikut merupakan tahap-tahap kehamilan dan pertumbuhan janin.
A. Trimester pertama (pekan ke 1-12)
Pada tahap pertama ini, tubuh anda akan mengalami banyak perubahan, terutama perubahan hormonal. Perubahan ini mempengaruhi hampir semua sistem organ dalam tubuh anda. Acuan utamanya adalah anda telah berhenti haid, dan ini memastikan bahwa anda benar-benar hamil. Apa saja perubahan selanjutnya.
• Cepat lelah
• Payudara membesar dan putingnya menonjol dan kadang terasa sakit
• Ngidam atau malah membenci suatu makanan tertentu
• Morning sickness (mual dan muntah di pagi hari)
• Sakit kepala
• Sembelit
• Sakit gigi
• Lebih sering buang air kecil
• Perut terasa panas (heartburn)
• Sering kehilangan mood

Setiap wanita hamil mengalami perubahan yang berbeda-beda. Ada yang menjalani trimester pertamanya dengan baik-baik saja atau tanpa adanya perubahan yang signifikan, namun ada pula yang melewatinya dengan susah payah bahkan harus bedrest sepanjang hari. Dan tidak setiap kehamilan sama.
Yang terpenting pada tahap pertama ini, anda harus tetap memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anda. Jika anda tidak bisa menelan nasi atau roti atau makanan pokok lainnya, carilah makanan pengganti yang anda inginkan. Yang jelas, anda dan janin anda harus tetap makan. Lebih bagus lagi jika anda rajin mengkonsumsi madu dan sari kurma.
B. Trimester kedua (pekan 13-28)
Kebanyakan, para wanita mengakui bahwa mereka menjalani trimester keduanya dengan lebih mudah daripada trimester pertama mereka. Morning sickness yang melelahkan sudah berlalu, mereka mulai mood untuk makan, dan dapat beraktivitas kembali.
Meski tidak lagi kehilangan mood, tidak lagi kelelahan karena mual dan muntah sepanjang pagi (bahkan sepanjang hari), kita tetap harus tahu, bahwa perubahan yang lain akan terjadi pada pada tahap ini. Perut akan semakin membesar karena janin mulai tumbuh, dan sebelum tahap kedua ini berakhir,kita akan merasakan janin bergerak-gerak.
• Badan sakit dan pegal-pegal
• Adanya strech mark pada perut, paha, pantat, atau dada
• Daerah di sekitar puting payudara (aerola) menjadi lebih gelap warnanya
• Muncul garis samar dari pusar ke arah kemaluan
• Sering kesemutan
• Kulit wajah lebih gelap, sering disebut topeng kehamilan
• Gatal pada perut, telapak tangan dan telapak kaki
• Pembengkakan pada pergelangan kaki, jari, dan wajah

C. Trimester ketiga (pekan 29-40)
Tahap terakhir ini mungkin menjadi tahap yang paling menentukan untuk proses persalinan. Sebisa mungkin, pada tahap ini berada di rumah.Karena perubahan dalam diri semakin besar.
• Sesak napas
• Lebih sering ke kamar mandi
• Heartburn
• Pembengkakan pergelangan kaki, jari, dan wajah
• Wasir
• Tender payudara, sering terjadi kebocoran kolostrum (cairan pra ASI)
• Masalah sulit tidur
• Pergerakan yang lebih sering dari janin Anda
• Kontraksi
Ketika menjalani tahap ini,tidak usah takut jika sering bolak-balik ke kamar mandi. Hal ini biasa, karena semakin besar janin dalam rahim, tekanannya terhadap organ-organ semakin besar. Setelah lahir, ini akan kembali normal. Begitu juga dengan sesak napas.
Ketika tubuh semakin membesar dan terjadi pembengkakan, usahakan ini dalam batas normal. Jika kita atau calon ibu merasa pembengkakan tersebut tidak normal, atau terlalu ekstrim, segera periksakan ke dokter. Bisa jadi ini merupakan tanda preeklamsia.
Ketika tiba masanya di minggu terakhir, biasanya leher rahim menjadi lebih tipis dan lebih lembut. Ini adalah proses alam yang normal membantu jalan lahir (vagina) untuk membuka selama proses melahirkan.
Trimester ini adalah trimester terakhir dari kehamilan. Janin Ibu sedang berada di dalam tahap penyempurnaan dan akan semakin bertambah besar sampai memenuhi seluruh rongga rahim. Semakin besar janin maka akan semakin terasa seluruh pergerakan yang dilakukan olehnya. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan tanda-tanda kegawatan seperti tanda kelahiran prematur. Konsumsilah asupan nutrisi yang bergizi dan juga jaga asupan cairan untuk janin Ibu. Trimester terakhir ini akan diwarnai dengan peningkatan frekuensi ke kamar mandi, sesak karena tekanan di diafragma, dan heartburn. Jangan lupa untuk merencanakan dengan matang persiapan untuk prosesi persalinan nantinya.
D. Trimester Keempat
Pada tahap ini janin telah berumur 25 minggu,panjangnya mencapai 34 cm dan berat 900-1000g.Ia sudah dapat merespon terhadap suara yang datang dari luar.
Minggu ini adalah awal dari trimester ketiga. dengan panjang janin dari kepala ke tumit sekitar 34 cm. Janin makan dan tidur teratur, membuka dan menutup matanya, serta menghisap jarinya. Otak janin berkembang sangat progresif. Telinga janin masih diliputi oleh verniks kaseosa yang melindungi janin dari cairan ketuban sehingga suara yang mereka dengar masih berdengung. Apabila janin lahir minggu ini, kemungkinan bertahan hidup adalah 85% dengan bantuan medis.
Katarak dapat menjadi salah satu kelainan bawaan yang dibawa sejak lahir. Lensa yang seharusnya bening menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena genetik (keturunan) atau ditemukan pada bayi yang lahir dari Ibu yang mengalami campak jerman (rubela) pada minggu ke-6 atau ke-7.
Rahim Ibu berada 7 cm diatas pusar atau 27 cm diatas tulang pubis atau tulang kemaluan. Karena rahim semakin membesar dan sudah dekat dengan paru sekarang, maka paru-paru Ibu tidak dapat mengembang sempurna sehingga terkadang Ibu merasakan sedikit sesak napas.
Payudara Ibu sudah membesar sejak awal kehamilan dan semakin bertambah berat saat ini. Ingatlah untuk selalu memeriksa payudara setiap 4- 5minggu sekali. Selain payudara yang membesar, air seni yang merembes umum dialami oleh Ibu hamil. Pembesaran rahim akan menekan kandung kemih sehingga apabila terdapat peningkatan tekanan intraabdomen (perut) seperti tertawa, berolahraga, batuk, perubahan posisi, atau bahkan bergerak terlalu cepat dapat menyebabkan penekanan pada kandung kemih dan menyebabkan rembesan air seni. Karena itu ada latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot dasar panggul dan mengurangi inkontinensia urin (rembesan air seni) yaitu latihan Kegel.Antara minggu 28 – 36 Ibu akan berkonsultasi setiap 2 minggu sekali dengan dokter Ibu. Satu bulan sebelum masa persalinan pertemuan ini akan meningkat menjadi 1 minggu sekali.
Wanita hamil tetap dapat bekerja namun aktivitas yang dijalaninya tidak boleh terlalu berat. Istirahat untuk wanita hamil dianjurkan sesering mungkin. Seorang wanita hamil disarankan untuk menghentikan aktivitasnya apabila mereka merasakan gangguan dalam kehamilan seperti perdarahan dari kemaluan atau keram hebat di perut. Pekerjaan yang membutuhkan aktivitas fisik berat, berdiri dalam jangka waktu lama, pekerjaan dalam industri mesin, atau pekerjaan yang memiliki efek samping lingkungan (contoh : limbah) harus dimodifikasi. Pada minggu-minggu akhir kehamilan, tanda-tanda permulaan persalinan harus diketahui oleh wanita hamil tersebut sehingga akan lebih waspada apabila muncul tanda-tanda persalinan.Pada tahap ini ibu hamil juga dapat melakukan olahraga seperti senam kegel.
• Langkah pertama, posisi duduk atau berbaring, cobalah untuk mengkontraksikan otot panggul dengan cara yang sama ketika kita menahan kencing. Anda harus dapat merasakan otot panggul anda meremas uretra dan anus. Apabila otot perut atau bokong juga mengeras maka anda tidak berlatih dengan otot yang benar
• Ketika anda sudah menemukan cara yang tepat untuk mengkontraksikan otot panggul maka lakukan kontraksi selama 10 detik, kemudian istirahat selama 10 detik
• Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai 10-15 kali per sesi. Sebaiknya latihan ini dilakukan 3 kali sehari
• Latihan kegel hanya efektif bila dilakukan secara teratur
E. Trimester kelima(Minggu 28)
Janin Ibu meningkatkan berat badannya lebih dari 10 kali dalam 11 minggu. Namun selama 4 minggu terakhir ini, berat badanya meningkat sampai 2 kali. Pada akhir minggu ke-28, berat badan janin mencapai 1100 g, panjang badan-bokong janin mencapai 25 cm dengan total panjang 35 cm. Kulit tipis janin berwarna kemerahan dan dilapisi dengan verniks kaseosa. Produksi sel darah merah sudah dilakukan seluruhnya oleh sumsum tulang janin.Ibu dapat mendengarkan detak jantung janinnya.Janin Ibu masih bergerak aktif sekarang, namun sekitar minggu ke-32 gerak janin akan berkurang karena sempitnya ruang gerak bagi janin di dalam kantong ketuban. Hal ini terjadi karena janin yang semakin bertambah besar. Otak janin saat ini mengendalikan refleks pernapasan dan suhu. Janin Ibu sekarang memiliki rambut di kepalanya dan lanugo hampir menghilang seluruhnya dari tubuh kecuali di bagian punggung dan bokong. Sebagai respon terhadap suara, detak jantung janin akan semakin cepat apabila mendengar suara Ibu.
Rahim Ibu berada 8 cm di atas pusar dengan kenaikan berat badan saat ini adalah 7,7 – 10,8 kg. Dari puting payudara Ibu, terkadang keluar rembesan cairan berwarna kekuningan yang disebut dengan kolostrum. Hal ini tidak berbahaya dan merupakan pertanda payudara sedang menyiapkan ASI untuk menyusui bayi. Dalam kunjungan berikutnya, dokter dapat memberitahu posisi janin Ibu sekarang, apakah kepala di bawah atau kaki dan bokong dibawah (sungsang). Janin dalam posisi sungsang kemungkinan akan dilahirkan dengan operasi sesar. Namun Ibu jangan khawatir apabila saat ini janin Ibu berada di posisi sungsang, masih ada waktu 2 bulan lagi bagi janin untuk merubah posisi. Kebanyakan janin akan merubah posisinya sendiri.
Dalam trimester ini, umumnya wanita hamil akan meningkatkan berat badannya sebanyak 5,5 kg. Apabila Ibu sedang berkunjung rutin ke dokter Ibu, maka cobalah untuk mendiskusikan mengenai cara persalinan nanti, apakah normal atau memerlukan operasi. Apabila ini adalah persalinan pertama, maka pertanyaan mengenai episiotomi, monitoring janin, dan pereda rasa nyeri adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Mulailah untuk mendiskusikan dengan dokter kebidanan Ibu mengenai A-Z perencanaan melahirkan untuk Ibu. Minggu ke-28 merupakan masa untuk mengulangi tes darah tertentu seperti tes toleransi glukosa.
F. Trimester keenam( Minggu 29)
Pada minggu ini berat janin Ibu sekitar 1,25 kg dengan panjang total janin sekitar 37 cm. Otot dan paru janin semakin matang dan janin mengeluarkan air seni sekitar setengah liter ke cairan ketuban setiap harinya. Perhatikan selalu gerakan janin Ibu, apabila janin kurang aktif dari biasanya segera hubungi dokter. Ruang gerak janin semakin kecil karena janin bertumbuh semakin besar. Pergerakan janin akan semakin berkurang saat ini, namun tidak menghilang dan Ibu masih tetap dapat merasakannya. Berat badan bayi laki-laki umumnya lebih berat dari perempuan. Dan setiap kali Ibu melahirkan, maka berat badan bayi tersebut akan lebih berat dari sebelumnya. Rata-rata berat badan janin adalah 2,5 kg – 3, 5 kg.
Testis dari janin laki-laki sedang berjalan turun ke skrotum (kantong kemaluan), dan klitoris (organ seksual pada wanita di daerah kemaluan) pada janin perempuan mulai terbentuk namun belum diliputi oleh labia minora (bibir vagina bagian dalam). Selain itu, ekstremitas bawah janin sudah terbagi antara lutut, tumit, dan kaki janin.Untuk memenuhi kebutuhan janin, Ibu akan membutuhkan asupan protein, vitamin C, asam folat, dan zat besi. Saat ini tulang janin sedang tumbuh dan membutuhkan banyak kalsium, karena itu pastikan Ibu minum susu (atau sumber kalsium lain seperti keju, yoghurt, jus jeruk) dalam jumlah cukup. Trimester ini, sekitar 250 mg kalsium dideposit setiap harinya untuk memperkuat tulang janin. Kelenjar adrenal mulai menghasilkan hormon yang disebut prolaktin. Prolaktin ini akan merangsang pembentukan kolostrum pada payudara Ibu yang akan memberikan nutrisi pada bayi di beberapa hari pertama kehidupannya.
Bila diukur, rahim Ibu sekitar 7,6 – 10 cm di atas pusar. Pertumbuhan rahim Ibu sekitar 1cm/minggu. Ibu dapat mengalami Sindrom Hipotensi apabila berbaring telentang. Berbaring dengan punggung di bawah dapat menyebabkan perubahan detak jantung dan tekanan darah sehingga Ibu akan merasa sedikit pusing ketika akan merubah posisi.
G. Trimester ketujuh( Minggu 30)
Berat janin Ibu saat ini berkisar 1,35 kg dengan panjang total 38 cm. Lapang pandang dan daya lihat janin semakin berkembang. Ketika janin membuka mata, janin hanya akan berespon terhadap cahaya karena visusnya yang hanya 20/400 (orang dewasa normal memiliki visus 20/20) sehingga hanya dapat mengenali objek beberapa cm saja dari wajahnya. Janin akan terus menumpuk lemak di tubuhnya yang akan membuat kulit janin lebih halus dan menjaga kehangatan tubuh janin saat lahir nanti.Janin Ibu berada dalam posisi menekuk-melingkar saat ini dengan lutut tertekuk, lengan dan kaki melintang, dan dagu menyentuh dada. Ini disebut dengan posisi janin. Seluruh panca indera janin sudah bekerja hampir sempurna. Apabila janin bergerak terlalu aktif karena suara yang keras maka perlahan usap perut Ibu, hal ini dapat membantu menenangkannya.
Ibu mungkin merasa sedikit lelah beberapa minggu terakhir dan terutama karena mengalami kesulitan tidur. Ibu juga mungkin lebih ceroboh dari biasanya. Hal tersebut dapat dimengerti, bukan hanya karena pertambahan berat badan, namun kehamilan dan daerah sekitar perut yang berat dapat mengganggu konsentrasi Ibu. Hormonal juga menyebabkan relaksasi dari ligamen yang menyebabkan sedikit gangguan keseimbangan. Kombinasi antara keluhan yang tidak nyaman dan perubahan hormonal membawa emosi Ibu naik turun. Apabila hal ini tidak dapat teratasi maka bicarakanlah dengan dokter.Membran atau selaput yang berada di sekitar janin disebut dengan kantong kehamilan (amniotic sac). Di dalam kantung tersebut terdapat cairan ketuban yang umumnya tidak akan pecah atau merembes sampai saat persalinan tiba. Apabila cairn ketuban merembes sebelum waktunya maka segeralah ke rumah sakit. Membran tersebut melindungi janin dari infeksi. Dengan bocornya kantung maka infeksi akan mudah terjadi.
Plasenta Previa
Plasenta previa adalah plasenta yang letaknya abnormal yaitu di segmen bawah rahim sehingga dapat menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Plasenta previa dapat menjadi masalah serius karena dapat menyebabkan perdarahan saat kehamilan dan persalinan. Penyebabnya belum diketahui secara pasti namun frekuensinya meningkat pada grande multipara, primigravida tua, bekas seksio sesarea, bekas aborsi, kelainan janin, dan mioma uteri.Gejala utama plasenta previa adalah perdarahan jalan lahir yang berwarna merah segar, tanpa nyeri, tanpa sebab, dan terutama terjadi pada multigravida pada kehamilan setelah 20 minggu. Untuk diagnosis pasti digunakan pemeriksaan USG. Persalinan sebaiknya dilakukan di rumah sakit dengan fasilitas operasi mengingat komplikasinya yaitu perdarahan hingga syok.
Sebelum tiba masa persalinan, Ibu umumnya dianjurkan untuk tirah baring total dengan menghadap kiri, tidak melakukan hubungan intim, dan menghindari peningkatan tekanan rongga perut (batuk, mengedan). Tergantung derajatnya, Ibu dengan plasenta previa dapat melahirkan secara normal (pervaginam). Namun apabila Ibu mengalami plasenta previa totalis (jalan lahir tertutup semua dengan plasenta), maka persalinan perabdominam atau operasi sesar adalah jawabannya.
H. Trimester kedelapan( Minggu 31)
Berat janin Ibu saat ini mencapai 1,5 – 1,6 kg dengan panjang total 39-40 cm. Pertumbuhan janin sudah mulai melambat saat ini, namun meskipun melambat, perkembangan dari organnya akan terus terjadi sampai mencapai tahapan pematangan. Janin mulai dapat memutar kepalanya ke samping dan bergerak semakin banyak, termasuk pada saat Ibu sedang berusaha tidur. pergerakan janin ini menandakan janin aktif dan sehat.
Kulit janin sudah berwarna merah jambu saat ini dengan lapisan lemak di bawahnya. Kulitnya semakin terlihat sempurna seperti saat dia akan dilahirkan nantinya.Rahim Ibu berada 11 cm diatas pusar dan sekitar 31 cm diatas simfisis pubis. Penambahan berat badan Ibu seharusnya mencapai 9,5 – 12 kg saat ini. Pada trimester ini, rahim akan memenuhi hampir seluruh bagian perut Ibu dan Ibu akan mulai merasakan adanya tekanan di bawah tulang iga. Ibu juga akan merasakan nyeri punggung lebih sering karena perut dan janin Ibu mengakibatkan peningkatan regangan dari otot di punggung. Asupan diet Ibu tetap harus diperhatikan, kebutuhan kalsium, protein, zat besi, dan asam folat. Kalsium perlu lebih diperhatikan karena proses osifikasi atau pengerasan pada tulang sedang berlangsung sampai akhir kehamilan dan kalsium diperlukan untuk perkembangan tulang tersebut.
Mungkin Ibu mulai mengalami perut yang tiba-tiba menjadi kencang. Kontraksi yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks umumnya terjadi pada paruh akhir masa kehamilan. Kontraksi berlangsung kurang lebih 30 detik, iregular, dan tidak nyeri. Berhati-hatilah apabila kontraksi terjadi teratur, lebih dari 4 kali dalam 1 jam (meskipun tidak nyeri), mungkin saja itu adalah tanda persalinan preterm (prematur). Apalagi jika diikuti dengan bercak vagina yang cair, kental, atau mengandung darah; nyeri atau keram pada perut; terasa adanya peningkatan tekanan pada panggul bagian bawah; dan nyeri punggung yang tidak seperti biasa.Saat ini payudara Ibu mungkin mengeluarkan cairan yang disebut dengan kolostrum. Jika memang iya, maka Ibu dapat memakai bantalan (pad) di payudara agar baju Ibu tidak basah. Pilihlah bra dengan satu ukuran lebih besar..Pemeriksaan USG dapat dilakukan pada minggu ini, memastikan perkembangan janin berlangsung baik.
I. Trimester kesembilan( Minggu 32)
Minggu ini berat janin Ibu sekitar 1,7 – 1,8 kg dengan panjang total 40-41 cm. Pertumbuhannya yang pesat akan semakin mengambil ruang di rahim. Ibu akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 0,5 kg/minggu dan kebanyakan diserap oleh janin. Janin akan mengalami peningkatan berat badan sekitar 1/3 – ½ dari berat totalnya ketika dilahirkan selama 7 minggu ke depan. Janin saat ini memiliki kuku jari tangan dan kaki serta rambut. Kulitnya semakin lembut dan kerutan di kulitnya akan menghilang menjelang masa persalinan. Sistim kekebalan tubuh janin mulai terbentuk dan akan semakin diperkuat dengan asupan ASI ketika lahir nanti.Sepuluh persen dari bayi dilahirkan sebelum minggu ke-37. Jadi apabila saat ini bayi dilahirkan prematur, maka mereka memiliki kesempatan untuk hidup cukup besar. Organ utama yang belum berkembang sempurna adalah paru-paru.
Rahim Ibu berada sekitar 12 cm diatas pusar dan 32 cm diatas simfisis pubis. Volume darah Ibu akan meningkat sekitar 30 – 50% di akhir kehamilan. Karena hal itulah terkadang terjadi pembengkakan pada tubuh yang normal terjadi selama kehamilan. Cairan ekstra ini akan masuk ke dalam jaringan tubuh Ibu. Saat rahim Ibu yang membesar menekah pembuluh vena yang berada di pelvis (panggul), darah yang berasal dari bagian bawah tubuh diblokir dan akhirnya cairan masuk ke dalam kaki Ibu. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan, sepatu terasa sempit, dan terkadang cincin maupun arloji juga terasa ketat di tangan. Apabila terjadi pembengkakan maka lepaskan semua benda yang dapat menghambat sirkulasi (cincin, arloji), jangan pakai pakaian yang ketat), dan hindari duduk dengan menyilangkan kaki Ibu.
Selama kunjungan prenatal, dokter akan memonitor tekanan darah, urin (air seni), pembengkakan yang terjadi, dan tanda-tanda penyakit lain seperti eklampsia atau IUGR. Beritahukanlah ke dokter Ibu keluhan apa saja yang Ibu alami dan perubahan sekecil apapun agar dapat dianalisa dengan baik.
J. Trimester kesepuluh( Minggu 33)
Berat badan janin Ibu sekitar 1,9-2 kg saat ini dengan panjang total badan 41-42 cm. Tulang-tulangnya semakin mengeras dan bergabung menjadi satu sehingga memudahkan janin untuk bergerak dan memasuki saluran ketika dilahirkan nanti (panggul). Tulang ini belum berfusi (bergabung) secara sempurna sampai saat remaja nantinya, karena itulah tulang dapat tetap tumbuh seperti layaknya jaringan otak. Mata janin sudah dapat mengenali cahaya dengan berkonstriksi dan berdilatasi ketika terpapar oleh cahaya. Perkembangan paru janin hampir sempurna dengan lemak tubuh yang terus berakumulasi di bawah kulitnya untuk perlindungan dan menjaga kehangatan janin. Berat badan janin akan meningkat drastis dalam beberapa minggu terakhir sebelum dilahirkan.
Cairan ketuban mencapai level terbanyak pada trimester ini dan akan memiliki jumlah yang tetap sampai saat melahirkan tiba. Sejak minggu ini janin umumnya berada pada presentasi kepala, yaitu posisi cephalic atau posisi kepala di bawah. Namun apabila Ibu tidak mendapatkan posisi janin seperti ini di dalam rahim, masih ada waktu untuk janin berubah posisi. Umumnya dokter menganjurkan posisi tertentu agar janin memutar posisinya. Apabila janin tetap berada pada posisi sungsang di saat akan melahirkan natinya, dokter Ibu dapat merekomendasikan operasi sesar.
Pengukuran dari simfisis Ibu saat ini mencapai 33 cm dengan pengukuran dari pusat ke rahim mencapai 13 cm. Semakin besar rahim Ibu akan mempermudah terjadinya heartburn. Makanlah dalam jumlah kecil namun sering (6x/hari) dan pertahankan posisi tegak setelah makan dapat mengurangi gejala heartburn.Terdapat beberapa pilihan untuk mengurangi nyeri di kala melahirkan nanti, diantaranya adalah teknik bernapas seperti yang diajarkan di kelas Lamaze, obat pereda rasa nyeri melalui suntikan, dan bius epidural. Obat untuk meredakan rasa nyeri akan diberikan oleh dokter sesuai dengan indikasi.
Abruptio Plasenta
Abruptio plasenta adalah kondisi dimana plasenta (ari-ari) terlepas dari dinding rahim. Kondisi ini merupakan komplikasi serius dan sangat berbahaya bagi janin dan Ibu serta harus ditangani dengan segera. Dengan terlepasnya plasenta, terputuslah suplai oksigen dan nutrisi bagi janin. Penyebab dari abruptio plasenta adalah luka / trauma fisik Ibu, tali pusar yang pendek, hipertensi, tekanan darah tinggi, kelainan bentuk rahim, dan riwayat operasi rahim sebelumnya. Abruptio plasenta ditandai dengan gejala :
• Nyeri perut hebat
• Perut terasa lembek
• Perdarahan dari vagina
• Kontraksi rahim
• Tanda-tanda persalinan prematur
• Tanda gawat janin.
Apabila Ibu mengalami tanda-tanda di atas, tindakan yang dilakukan adalah segera hubungi petugas kesehatan. Apabila perdarahan berat terjadi maka persalinan bayi segera mungkin diperlukan.
K. Trimester kesebelas( Minggu 34)
Berat janin saat ini mencapai 2-2,1 kg dengan panjang total 43 cm. Janin sudah mulai membangun sistim kekebalan tubuhnya untuk membantu melawan infeksi. Cairan ketuban sudah mencapai kapasitas maksimumnya sehingga janin akan semakin melekat ke dinding rahim dibandingkan berenang dalam cairan ketuban. Hal ini berarti Ibu akan merasakan setiap gerakan dari janin.
Apabila Ibu khawatir mengenai kemungkinan terjadi persalinan prematur, maka kekhawatiran itu dapat berkurang karena bayi yang dilahirkan pada minggu ke-34 sampai ke-37 yang tidak memiliki masalah kesehatan (kelainan bawaan) maka akan dapat bertahan di dunia luar. Bayi mungkin akan menghabiskan beberapa hari di rumah sakit namun untuk selanjutnya mereka dapat berkembang normal seperti bayi cukup bulan lainnya.Tinggal 6 minggu lagi Ibu mulai mengitung mundur saat ini. Prioritas pada minggu-minggu terakhir adalah nutrisi bergizi, olahraga ringan, dan istirahat cukup. Ukuran rahim Ibu diukur dari simfisis pubis mencapai 34 cm, dan apabila diukur dari pusar sekitar 14 cm
Semakin rahim bertambah besar maka kulit perut akan teregang sampai mencapai maksimal. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal yang semakin bertambah bila udara panas atau berkeringat.Umumnya pecahnya selaput ketuban dirasakan sebagai kebasahan atau rembesan air yang turun ke kaki ketika Ibu berdiri. Cairan ketuban umumnya bening dan encer, terkadang disertai darah atau berwarna kuning hijau. Dua tes dapat dilakukan oleh dokter untuk membedakan antara cairan ketuban dengan air seni atau cairan vagina adalah tes nitrazin (berdasarkan pH cairan ketuban) dan tes ferning (melalui pemeriksaan mikroskop). Yang sebaiknya Ibu lakukan apabila ketuban Ibu pecah adalah segera hubungi petugas kesehatan. Jangan ditunda-tunda karena pecahnya ketuban berarti membuka pintu masuk bagi kuman dan memudahkan terjadinya infeksi dalam rahim.
L. Trimester Minggu 35
Berat janin sekarang mencapai 2,2 kg dengan panjang total 45 cm. Sebagian besar organ janin sudah sempurna saat ini, janin akan berkonsentrasi untuk meningkatkan berat badannya di minggu terakhir kehamilan. Bila janin Ibu laki-laki maka testisnya sudah berada di kantung skrotum sekarang (kantung zakar).
Pengukuran rahim dari pusar berkisar 15 cm dan pengukuran dari simfisis pubis sampai bagian atas rahim mencapai 35 cm. Ibu mungkin mulai merasakan peningkatan dari frekuensi berkemih. Hal ini dapat terjadi karena janin yang semakin besar mulai menekan kandung kemih. Kurangi minum sebelum tidur dapat membantu mengurangi frekuensi berkemih di malam hari. Produksi ASI di payudara Ibu dapat menyebabkan sedikit rembesan yang disebut kolostrum. Mulai minggu ini, Ibu akan diminta untuk datang kontrol 1 minggu sekali. Saat ini juga merupakan saat yang tepat untuk membicarakan rencana persalinan bersama pasangan dan dokter Ibu.
Persiapkan barang-barang yang akan dibawa apabila Ibu akan bersalin nantinya dan tentukan rumah sakit dimana Ibu akan melakukan persalinan (lengkap dengan rute menuju rumah sakit tersebut). Jangan lupa untuk selalu makan dengan frekuensi yang teratur dan mempersiapkan makanan kecil untuk tenaga Ibu. Di saat persalinan nanti Ibu akan membutuhkan seluruh cadangan glukosa untuk mengedan.
M. Trimester Minggu 36
Minggu ini berat janin Ibu sekitar 2,3-2,5 kg dengan panjang total 46 cm. Saat ini lanugo (rambut tipis) yang masih berada di dada dan punggung janin mulai menghilang. Begitu juga dengan verniks kaseosa, lapisan serupa lilin yang melindungi janin selama 9 bulan ini dari cairan ketuban. Janin Ibu akan menelan semua substansi ini dan akan menghasilkan hasil sisa di ususnya yang berwarna kehitaman dan disebut mekonium. Mekonium akan keluar dalam waktu 24 jam setelah bayi dilahirkan. Apabila bayi mengalami stres di dalam rahim, maka mekonium dapat keluar dini di dalam rahim.
Akhir minggu ini janin Ibu akan mencapai tahapan full-term atau cukup bulan (37 – 42 minggu). Bayi yang lahir sebelum usia 37 minggu adalah bayi pre-term (kurang bulan), dan bayi yang lahir lebih dari 42 minggu adalah bayi post-term. Umumnya pada akhir minggu ini kepala janin Ibu sudah berada di bawah. Bersiaplah, bayi Ibu bisa lahir kapan saja.Tulang yang membentuk kepala janin dapat mengalami overlap pada saat melalui jalan lahir nanti. Fenomena ini disebut molase dan membantu janin untuk melewati jalan lahir. Jangan kaget apabila bayi Ibu lahir dengan sedikit benjolan di kepala. Setelah beberapa jam atau beberapa hari, kepala bayi Ibu akan kembali ke bentuk semula (bulat).Pengukuran dari simfisis pubis sampai bagian atas rahim Ibu adalah 36 cm dengan pengukuran dari pusar mencapai 14 cm. Dengan ukuran janin yang besar dan rahim yang berkembang ini, Ibu akan mudah untuk mengalami heartburn. Makan makanan dengan jumlah sedikit dengan frekuensi sering dapat mengurangi keluhan. Menjelang persalinan kontraksi Braxton-Hicks akan lebih sering terjadi. Kenalilah perbedaan antara kontraksi palsu dan kontraksi asli.
Lightening adalah kondisi dimana hasil pengukuran pada rahim Ibu lebih kecil daripada minggu sebelumnya akibat kepala janin yang sudah memasuki jalan lahir atau cairan ketuban yang sudah mulai berkurang. Kejadian lightening bisa baru terjadi ketika persalinan akan dimulai. Lightening dapat memberikan lebih banyak ruang bagi Ibu untuk mengambil napas panjang ketika mengedan karena diafragma sudah tidak tertekan lagi. Lightening juga akan mengurangi keluhan heartburn. Namun lightening juga menyebabkan penekanan pada kandung kemih dan rektum sehingga meningkatkan frekuensi berkemih dan meningkatkan rasa ingin ‘pub’.
Bergeraklah selalu untuk menjaga kelancaran aliran darah pada Ibu. Berjalan akan meningkatkan aliran darah ke janin dan juga mencegah pembengkakan pada kaki, varises vena, dan komplikasi lain. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki dan hindari berdiri dalam satu posisi selama lebih dari 10 menit. Angkat kaki Ibu ketika beristirahat. Dalam perjalanan, selalu kenakan sabuk pengaman di bawah perut Ibu. Melakukan perjalanan jauh pada usia kehamilan lebih dari 34 minggu tidak dianjurkan. Apabila Ibu terpaksa melakukan perjalanan, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Ibu.
N. Trimester Minggu 37
Pada minggu ini .Paru-parunya sudah matang dan dapat berfungsi di luar rahim. Berat badan bayi mencapai 2,6-2,8 kg dengan panjang total 47 cm. Beberapa bayi memiliki rambut tebal dan beberapa bahkan tidak memiliki rambut.
Saat ini Ibu berada pada masa aterm. Rahim Ibu berukuran sama dengan 1 atau 2 minggu yang lalu. Dokter Ibu akan melakukan pemeriksaan dalam atau pemeriksaan pelvis (panggul) saat ini. Pemeriksaan ini akan membantu untuk mengevaluasi kemajuan dari persalinan dan posisi dari bayi di jalan lahir. Serviks sepenuhnya terbuka bila diameter bukaan serviks 10 cm
O. Trimester Minggu 38
Janin sudah cukup bulan (matur,a terme).Panjangnya 50 cm,beratnya 300 gr.Bayi laki-laki biasanya lebih berat dari bayi wanita.Kulit nya halus dan hampir tidak ada lagunio lagi.Pada kulit masih terdapat vernix caseosa ialah campuran sel-sel epithel kulit,laguno dan sekret kelenjer lemak.Kepala ditumbuhi rambut.Kuku melebihi ujung jari.pada laki-laki testes sudah ada dalam scrotum dan pada wanita labia majora menutupi labia minora.
Pengukuran simfisis pubis sampai bagian atas rahim mencapai 36-38 cm saat ini. Karena janin yang sudah cukup bulan, Ibu dapat merasakan pergerakannya lebih sering. Umumnya Ibu hamil pada minggu terakhir tidak akan bertambah besar. Kontraksi palsu akan semakin sering terasa. Dokter juga akan megevaluasi kadar zat besi pada tubuh Ibu. Jangan sampai Ibu mengalami anemia karena defisiensi besi. Ibu dengan anemia akan mengalami gejala mudah lelah dan dikhawatirkan tidak akan kuat saat persalinan nanti.
B. STIMULASI DALAM MASA KEHAMILAN
Stimulasi kecerdasan bayi,ternyata tidak hanya wajib kita lakukan setelah bayi lahir.Stimulasi kecerdasan pada bayi ternyata juga harus dilakukan pada saat usia kehamilan mencapai enam bulan.Karena pada saat itulah sel-sel otak mulai bertumbuh dengan cepat.Akan sangat baik bila stimulasi-stimulasi kecerdasan bayi dilakukan hingga usia bayi menginjak 3 tahun.Stimulasi sejak didalam kandungan (usia kehamilan mencapai 6 bulan) bisa dilakukan dengan berbagai cara:
a. Mengajak bicara,jangan malu dan segan meluangkan waktubuat sibuah hati dengan mengajak bicara.Bicaralah dengan suara lembut,supaya buah hati kita mengenal ibunya sebagai ibu yang penuh kasih sayang.Bila perlu,ajak buah hati anda untuk mengenal suara sang ayah,dengan meminta sang ayah berbicara dengan bayi dengan jarak yang berdekatan dengan perut anda.
b. Mendongengkan,mendongenglah buat buah hati anda.Aktiflah dalam berbicara supaya buah hati anda mengenal berbagai kosakata baru meskipun sang bayi masih berada dalam kandungan dan belum tahu artinya.
c. Menyanyikan,bernyanyilah setiap hari,supaya buah hati anda bisa mendengarkan suara nyanyian anda.Nyanyian seorang ibu,dipercaya bisa menenangkan hati buah hati anda.
d. Mengelus-elus perut,usapan –usapan pada bagian perut sang ibu,ternyata juga mampu menstimulasi kecerdasan anak.
e. Berdoa,luangkan waktu anda untuk berdoa.Berdoalah dengan mengucapkan doa-doa anda(tidak hanya didalam batin).Hal ini juga sangat penting untuk menstimulasi kecerdasan anak,terutama kecerdasan spritual.
f. Makan makanan yang bergizi,selama bayi dalam kandungan(masa kehamilan 6 bulan),maknlah makanan yang bergizi,terutama yang bisa memacu pertumbuhan otak sang anak.Makanan-makanan tersebut yang mengandung protein,karbohidart,dan lemak.Juga makanan yang banyak mengandung vitamin.Jangan sembarangan memberikan multivitamin secara sembarangan agar tidak mengganggu kesehatan fisik atau mental buah hati anda untuk kedepannya.
g. Kurangi sterss,ternyata sterss dapat mengganggu pertumbuhan kecerdasan sang bayi.Maka pada masa kehamilan mencapai 6 bulan jangan terlalu banyak bekerja.Bila anda merasa stress,buah hati anda yang masih berada dalam kandungan pun bisa merasakannya.Dan hal ini dipercaya bisa menghambat kecerdasan sang bayi. .
Menurut Hartono, semakin dini dan semakin lama stimulasi itu dilakukan, maka akan semakin besar manfaatnya.
Menurut Mayke, usapan halus yang dilakukan di perut ibu yang sedang mengandung juga diperlukan untuk membuat janin merasa tenang. Katanya, bila janin banyak bergerak, seorang ibu dapat melakukan usapan lembut pada perutnya. Tetapi, sekalipun stimulasi untuk janin diperlukan, dalam pelaksanaannya haruslah dilakukan secara bijaksana. “Jangan sampai orang tua terlalu bersemangat menstimulasi janinnya sehingga lupa kebutuhan janin untuk beristirahat.

BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Ibu hamil pasti akan melewati tahap-tahap kehamilan. Tahap pertama sampai terakhir.Tahap demi yang akan dilewati wanita hamil ibu harus kuat dalam menjalaninya. Dalam melalui tahap-thap tersebut wanita harus melkukan stimulasi terhadap bayi yang ada dalam kandungannya. Seperti halnya mengajak bayi berbicara, mendengarkan bayi musik klasik, mengelus-elus perut, berdoa dan lainnya. Semakin sering ibu melkukan stimulasi dsaat hamil semakin banyak manfaat bagi bayi disaat lahir.

B. Saran
Dengan adanya makalah ini yang membahas tentang tahap-tahap kehamilan dan stimulasi dalam masa kehamaila. Diharapkan agar dapat menambah pengetahuan tentang kehamilan khususnya untuk ibu hamil.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.kedokteran.info/tahap-perkembangan-kehamilan.html
http://drprima.com/kehamilan/kehamilan-minggu-kelima-tahapan-embrio-dimulai.html
http://www.rumahbunda.com/pregnancy/tahapan-kehamilan/
http://ntpshipz.wordpress.com/2011/07/08/stimulasi-dan-nutrisi-penting-untuk-bayi/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6327792
http://www.karyatulisilmiah.com/pendidikan-anak-sebelum-lahir.html
Buku OBSTETRI FISIOLOGI,Bagian Obstetri & Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung
http://www.bidankita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=348:stimulasi-prenatal-untuk-bayi-cerdas&catid=40:monthly-guide&Itemid=34

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s